Jumat, 15 Februari 2013

teh dan madu dapat membunuh bakteri

Baru-baru ini sebuah riset memberikan keterangan tentang khasiat penggabungan teh dan madu. Campuran teh dan madu ternyata efektif menurunkan bakteri pathogen (bakteri penyebab penyakit) dalam daging yang dikonsumsi sehari-hari.

Sebuah studi yang dilakukan di Kansas State University mengungkapkan campuran teh melati dan madu, atau teh hijau dan madu memiliki aktivitas microbial yang tinggi dan mampu membunuh bakteri berbahaya yang ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan daging mentah.

Pemimpin riset Daniel Fung mengatakan studi ini dilakukan pada medium cair dengan menggunakan ekstrak teh dan madu yang terbukti bisa mengurangi bakteri listeria monocytogenes dan Ecoli 0157:H7.

Dalam riset tersebut, para peneliti menggunakan irisan tipis daging dada kalkun yang diberi campuran teh melati dan madu kental. Hasilnya bakteri listeria monocytogenes turun 10-20 persen. Listeria monocytogenes merupakan  bakteri berbahaya yang ditemukan pada susu mentah, es krim, keju lunak, dan daging ikan mentah atau ikan asap.

Daniel menganjurkan bagi mereka yang menyukai daging dan sayuran mentah untuk mengkonsumsi madu dan teh setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar